2 Ikon Wisata Belitung

pantai tanjung tinggi

belitung lengkuas islandViscatour – sedikitnya ada 2 Ikon Wisata Belitung yang sudah tak asing lagi bagi para traveller; Laskar Pelangi dan Pulau Lengkuas.

1. Replika SD Laskar Pelangi
Inilah salah satu destinasi favorit pulau Belitung yaitu Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang di bangun untuk keperluan shotting film Laskar Pelangi. Sebuah film yang diadopsi dari novel best seller karya Andre Hirata. SD Muhammadiyah Laskar Pelangi menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena buming-nya film laskar pelangi. Bagi setiap orang yang pernah menonton atau mendengar cerita tentang film laskar pelangi pasti penasaran dengan sekolah yang melahirkan generasi yang berprestasi seperti Andre Hirata.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang terletak di kecamatan Gantung/Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Dengan jarak tempuh sekitar 1 jam-an dari pusat kota Tanjungpandan. Banguan yang berdiri diatas gurun pasir putih, Bangunan yang sudah hampir roboh. Atap yang bocor, meja dan kursi yang sudah rusak parah, serta dinding yang menggunakan penyanggah kayu yang hampir roboh.

Disamping bangunan ini juga terdapat danau. Namun demikian, banyak wisatawan yang tertarik datang kesini walaupun hanya untuk sekedar mengabadikan momen tersebut. Ketika wisatawan berada di Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi bisa merasakan perasaan kagum, karena dari bagunan sekolah yang tidak layak digunakan untuk belajar bisa mencetak generasi yang berprestasi.

replika-sekolah-laskar-pelangi-belitung2. Pulau Lengkuas
Liburan ke Belitung tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Pulau Lengkuas, pulau yang menjadi salah satu ikon Negeri Laskar Pelangi ini.

Terletak di sebelah utara desa tanjung binga. Pulau ini terdapat sebuah marcusuar tua, dibangun oleh pemerintahan kolonial belanda sejak tahun 1882. Dari atas menara 19 lantai ini, Anda bisa menikmati panorama alam yang mengagumkan, berupa hamparan batu granit yang tersusun rapi, lautan luas, dan hijaunya air laut. Mengunjungi marcusuar Anda wajib membawa kamera.

Tak hanya menikmati pemandangan dari atas marcusuar. Anda juga bisa menikmati berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling melihat terumbu karang dan aneka biota laut di sekitar pulau ini. Anda juga bisa bersantai sambil menikmati setiap sudut pesona alam yang di tawarkan pulau ini.

Waktu yang paling tepat mengunjungi pulau ini adalah bulan maret-november, karena arus laut cukup tenang .
Untuk mencapai pulau ini, Anda bisa menyewa perahu nelayan atau speedboat dari tanjung kalayang. Harga sewa perahu sekitar 400-700 ribu bisa memuat 30-40 orang. Jarak tempuh pulau ini sekitar 30 – 45 menit. Selama perjalanan, pengunjung dapat menikamati pulau – pulau kecil, seperti Pulau pasir, pulau burung serta perahu – perahu nelayan lalu lalang.

So, jika anda tertarik untuk berkunjung ke Belitung, ambillah program paket wisata Belitung yang sesuai dengan keinginan Anda dan, jangan lewatkan dua ikon wisata Belitung tersebut.

Anda mungkin juga suka...