Inilah Vihara Tertua dan Terbesar di Pulau Belitung

vihara-dewi-kuan-im-belitungTour Belitung – Tersebutlah nama vihara Dewi Kwan Im. Sebuah Vihara terbesar dan tertua di pulau Belitung. Viahara atau kelenteng ini terletak di kabupaten Belitung Timur, Desa burung Mandi, Kecamatan Damar.

Lokasinya juga tidak berjauhan dari tempat wisata Pantai Burung Mandi. Lebih tepatnya berada di pinggir bukit burung mandi. Sedangkan Jarak tempuh dari Kota Tanjung Pandan yaitu kurang lebih 1,5 jam.

Ya, wisata Belitung memang tak melulu pantai dan laut. Pengunjung juga bisa menikmati ragam daya tarik wisata religi. Vihara Dewi Kuan Im ini adalah salah satunya. Bila anda memesan paket wisata Belitung 3 hari 2 malam, biasanya objek wisata religi ini akan masuk dalam agenda rencana program liburan Anda.

Nah…. bicara tentang Vihara Dewi Kwan Im, Berikut ini Leo Saputra. team Visca Tour menampilkan ulasannya.

Vihara Dewi Kwan Im adalah Vihara tertua di Pulau Belitung, Dengan usia yang telah mencapai 266 tahun ini pertama kali ditemukan tahun 1747. Konon, Dewi Kwan Im pernah bersembahyang di  salah satu tempat sembahyang terbesar di Vihara ini yaitu Kon Im. Sehingga Vihara ini disebut sebagai Vihara Dewi Kwan In.
Kemudian, Untuk memasuki wilayah Vihara, Anda harus menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 86 buah.

Vihara ini juga memiliki tiga tempat sembahyang. Pertama, Shimunyo yang berada di dekat anak tangga, Kedua, naik sedikit keatas, Maka Anda akan menjumpai tempat sembahyang yang kedua yaitu Sitiyamuni, Dan ketiga, beranjak lebih keatas lagi, Disana akan Anda jumpai tempat sembahyang yang ketiga yang bernama Kon Im, Kon Im ini sendiri adalah tempat sembahyang terbesar di Vihara ini.

Vihara Dewi Kwan Im ini sendiri banyak dikunjungi warga lokal untuk beribadah saat hari-hari besar keagamaan seperti, Imlek dan Waisak. Pengunjung Vihara ini tidak hanya warga lokal saja, Namun banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke vihara ini. Menurut warga lokal, Jika sembahyang dan berdoa di Vihara ini, Bisa terkabul segala keinginannya.

Di Vihara ini juga siapa saja bisa meramal apa yang diinginkan, Seperti meramal jodoh, Kesehatan dan rejeki. Dengan bantuan ako (panggilan orang cina pria yang sudah tua di belitung) atau cece (panggilan orang tua wanita yang sudahh tua di belitung),Anda bisa diramal sesuai keinginan Anda apa yang ingin Anda ramalkan. Ako atau Cece ini meramal hanya menggunakan Garu, Lidi yang mempunyai urutan nomor dan kertas yang berwarna kuning dan merah jambu.

Dengan alat seadanya ini, Ako atau Cece tersebut bisa meramal setiap pengunjung yang ingin meramalkan tentang dirinya. “ hehehe, bisa di coba ya jika Anda sedang berkunjung ke Vihara ini, tidak perlu takut karena ini tidak ada efek sampingnya” .

Selain tempat ibadah, Vihara ini juga mempunya pemandangan yang indah Bukit Burung Mandi yang terletak persis di belakang Vihara ini, Dan juga jika Anda berada di depan tempat sembahyang terbesarnya yaitu Kon Im, Anda bisa melihat pemandangan sedikit hutan dan laut lepas. Jadi bagi anda yang berkunjung ke vihaa ini jangan lewatkan juga pantai buung Madi dari agenda perjalanan Anda.

Itulah sedikit ulasan tentang Vihara Dewi Kwan Im, Semoga bisa membantu Anda para travelers yang ingin mencari destinasi wisata religi di pulau Belitung. Terima kasih
Salam Wisata Belitung, Leo Saputra (Viscatour.com)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan