Bangka Saksi Sejarah Republik Indonesia Namun Menyimpan Keindahan Alam Mempesona

7 Fakta Unik dan Menarik dari Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung (BaBel) terletak di bagian timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan. Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatera dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi ini terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di bagian timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata. Hal menarik untuk diketahui 7 fakta unik dan menarik yang dimiliki Negeri Laskar Pelangi ini sebagai berikut :

  1. Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Kepulauan Bangka Belitung memang sangat dikenal sebagai penghasil timah, tidak heran hal ini menjadikan Negara Indonesia sebagai produsen timah keempat terbesar di dunia setelah Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Latin dan Peru. Timah merupakan senyawa kimia yang sangat banyak manfaatnya. Hampir di seluruh produk elektronik, otomotif, dan mesin-mesin lainnya mengandung unsur timah. Timah merupakan campuran logam penting. Inilah yang menyebabkan timah menjadi komoditi yang potensial.

  1. Penghasil Lada Putih Terbesar di Dunia

Kabupaten Bangka selain dikenal sebagai penghasil timah juga dikenal sebagai penghasil lada putih terbesar di dunia dengan nama Muntok White Pepper. Lada merupakan salah satu rempah yang dipakai untuk memasak.Tanaman ini merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80% hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar.

  1. Terasi Bangka Terkenal Hingga ke Mancanegara

Terasi atau belacan adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan atau udang yang difermentasikan. Di Bangka Belitung bumbu masak ini sudah menjadi pelengkap masakan secara turun temurun. Terasi yang paling terkenal di Bangka Belitung yaitu terasi buatan dari daerah Toboali, Bangka Selatan. Banyak wisatawan yang berburu terasi asli Bangka Belitung sebagai oleh-oleh ketika berwisata di Negeri Laskar Pelangi ini.

  1. Pulau Penghasil Batu Satam Hitam satu-satunya di Dunia

Batu Satam adalah batuan langka yang terbentuk dari hasil proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah tinggi jutaan tahun lalu. Batu satam memiliki ciri berbentuk bulat, lonjong dan tidak beraturan dengan goretan yang terukir secara alami. Banyak orang ingin memiliki batu langka ini yang dipercaya dapat menetralisir aura negatif di dalam diri sehingga pancaran aura menjadi lebih cerah serta dipercaya dapat menghalau sihir atau ilmu hitam.

  1. Pemakaman Terbesar dan Terluas di Indonesia

Komplek Pemakaman Tionghoa Sentosa merupakan komplek pemakaman mewah warga Tionghoa Bangka yang sudah ada sejak tahun 1935. Luas kuburan sekitar 27 hektar ini memiliki lebih dari 11.000 makam di dalamnya. Setiap tahunnya di pemakaman ini dilakukan tradisi Sembahyang Kubur atau Ceng Beng/Qing Ming dimana setiap keluarga yang berada di perantauan akan kembali ke Bangka untuk menunaikan ibadah sembahyang memberikan penghormatan kepada leluhurnya.

  1. Kota Pangkal Pinang sebagai Ibukota Provinsi Terkecil di Indonesia

Sebagai pusat pengembangan wilayah Bangka Belitung dalam perkembangan selama beberapa tahapan pembangunan, kota Pangkal Pinang telah mengalami beberapa kemajuan yang cukup pesat. Luas daerah yang tidak mencapai 200 hektar ini menjadikan Kota Pangkal Pinang sebagai ibukota provinsi terkecil di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 160.451 jiwa berdasarkan data BPS pada tahun 2009. Laju pertumbuhan penduduk Kota Pangkal Pinang tiap tahunnya bertambah seiring dengan pembangunan yang kian meningkat.

  1. Bangka Saksi Sejarah Republik Indonesia

Pulau Bangka bukan hanya tempat pembuangan Presiden Pertama RI Soekarno melainkan juga tempat perjuangan politik dan diplomasi internasional. Pada tahun 1949 terjadinya perundingan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengirim utusan yang dikenal Komisi Tiga Negara (KTN) dengan Bung Karno di gedung yang saat ini menjadi Museum Timah Indonesia dengan hasil penyerahan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada Desember 1949. Juga terdapat Pesanggrahan Menumbing tempat Soekarno diasingkan di Muntok yang berjarak sekitar tiga jam dari kota Pangkal Pinang.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik dari Kepulauan Bangka Belitung yang menjadi tambahan informasi bagi Anda yang ingin berwisata ke Bangka Belitung. Anda bisa juga mencoba beberapa kuliner khas Bangka Belitung seperti Mie Ayam Bangka, Martabak Asli, Terasi Asli Bangka, dan Madu Pahit Pelawan.

 

Leave a Comment