Fenomena Unik Air Biru di Desa Air Bara

Ini Dia Fenomena Unik Air Biru di Desa Air Bara

www.viscatour.com

Akhir-akhir ini masyarakat Bangka dihebohkan dengan lokasi objek wisata baru yang unik dan terjadi karena fenomena alam. Sebuah tempat yang menjadi bekas pertambangan kaolin yang terletak di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan disebut sebagai Air Biru (danau biru/danau kaolin). Air Biru merupakan sebuah danau yang cukup besar yang dikelilingi perbukitan pasir dengan ketinggian mencapai 30 meter memiliki keunikan air yang berwarna biru.

_DSC0392

Hingga saat ini banyak masyarakat Bangka yang penasaran untuk melihat secara langsung keunikan dari fenomena alam ini. Di pulau Belitung juga terdapat danau kaolin yang juga memiliki keunikan sama airnya yang berwarna biru, tetapi bila dibandingkan lokasi Air Biru di desa Air Bara lebih memiliki warna biru yang cerah dan mencolok sehingga membuat siapapun yang datang melihat secara langsung akan mengagumi keindahan pesona alam ciptaan Tuhan yang satu ini.

Untuk sampai ke lokasi Air Biru ini Anda akan menempuh perjalanan darat dari Kota Pangkal Pinang dengan kendaraan roda dua atau roda empat sekitar satu setengah jam sampai di Desa Air Bara. Kemudian menempuh jalan dengan tanah yang berwarna merah sekitar 10 menit untuk tiba di Air Biru. Hal yang dapat Anda lihat disini yaitu keunikan danau besar dengan air yang berwarna biru diapit oleh timbunan tanah putih atau bukit pasir, kedalaman danau bekas tambang kaolin ini tidak diketahui secara pasti namun beberapa masyarakat menyebut kedalaman danau sekitar 30 meter atau lebih.

www.viscatour.com

Sambil menikmati pesona keindahan danau ini, Anda tentunya tidak akan melewatkan momen berfoto dengan background perbukitan pasir seperti gunung serta biru air yang menambah kesan eksotis hasil foto Anda. Mengelilingi danau sambil mencari spot yang bagus untuk berfoto akan menambah keseruan bersama teman ataupun keluarga.  Anda sebaiknya sangat berhati-hati ketika berjalan menyusuri tepi bukit pasir karena sangat rawan terjadi longsor.

Danau ini menjadi tempat bagi anak-anak desa yang sering menghabiskan waktu bermain dan mandi di sekitar danau, sesekali mereka terjun dengan gaya unik mereka ke danau dari puncak bukit pasir membuat Anda terasa ingin juga terjun seperti mereka. Setelah asyik berfoto sambil mengelilingi danau tentunya membuat tenggorokan terasa haus, Anda bisa bersantai di warung kecil yang tersedia di tepi danau.

Saat ini objek wisata Air Biru masih terus dikunjungi oleh masyarakat Bangka yang banyak menghabiskan waktu untuk rekreasi bersama teman atau bersama keluarga sambil mengabadikan foto-foto nan indah dengan birunya air danau kaolin ini. Dan juga saat ini beberapa pihak industri pariwisata seperti biro perjalanan wisata tengah mempersiapkan upaya untuk mempromosikan objek wisata Air Biru kepada wisatawan lokal di luar pulau Bangka maupun wisatawan mancanegara dengan harapan objek wisata Air Biru bisa menjadi pelengkap destinasi wisata unggulan pulau Bangka yang terkenal akan wisata pantai dan kulinernya.

Leave a Comment