Liburan ke Belitung, Yuk Eksplore Keindahan Pulau Burung

Pulau Burung. Seperti namanya, pulau ini memang terlihat seperti seekor burung bila dipandang dari kejauhan. Sebuah bebatuan granit berukuran besar terletak persis di bagian depan (sisi tenggara) pulau ini bebentuk sangat mirip dengan kepala seekor burung (Burung disebut Burong dalam bahasa Belitung).

Mereka yang sudah kenal Belitung atau sudah pernah ikut tour Belitung pasti sangat kenal pulau yang kini bisa dikatakan telah menjadi ikon pariwisata Belitung tersebut.

Baca Juga : PUASKAN LIBURAN ANDA DENGAN PAKET WISATA BELITUNG

pulau burung

Pulau Burung, Travel Erien dalam trip bersama travel blogger Indonesia. By:Kak Rien

Ya, pulau dengan luas sekitar 2 hektar ini bisa dikatakan telah menjadi salah satu ikon wisata Belitung?. Coba saja ketik kata kunci ‘pulau Belitung’ atau wisata Belitung di mesin pencari google. Anda akan langsung disuguhkan dengan gambar pulau Burung.

Begitulah, batu granit raksasa berbentuk burung itu sudah menjadi salah satu icon wisata di Belitung.

island hoping belitungUntuk mencapai pulau Burong dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pantai Tanjung kelayang atau 15 menit dari kampung nelayan tanjung binga.

Perjalanan ke pulau Burung umumnya dilakukan dalam satu trip dengan perjalanan ke pulau lengkuas, pulau kepayang, pulau pasir, pulau batu belayar.

Trip ini dikenal sebagai island hoping dan kini menjadi salah satu rute perjalanan paling favorit dalam sebuah paket tour Belitung.

Pulau burung dikelilingi pasir putih dan bebatuan granit yang tersebar di pantai dan laut di sekitar pulau. Sebuah pulau mungil yang cocok dijadikan tempat besantai menikmati ketenangan pantai dan memanjakan diri bersama suara ombak. Sebuah tempat liburan yang tepat untuk sejenak melepaskan diri dari hiruk-pikuk kebisingan kota dan rutinitas kerja.

Pulau Burung terletak di pesisir utara pulau Belitung, di lepas pantai desa nelayan Tanjung Binga. Posisinya sangat dekat dari pantai Tanjung Kelayang, tempat yang kini telah menjadi dermaga utama untuk menikmati pengalaman island hoping di Belitung.

Lokasi pulau Burung juga berdekatan dengan pulau Batu Belayar, pulau pasir, dan pulau Lengkuas. Semua pulau-pulau kecil nan mempesona yang  menjadi objek wisata di Belitung dan teramat sayang untuk anda lewatkan jika liburan ke Belitung.

Dulu di pulau Burung, Belitung. ini sempat dihuni oleh beberapa orang  yang bertugas sebagai penjaga pulau. Sejak ditinggal para penjaganya, sekarang pulau ini sudah tidak lagi terawatt seperti dulu. Sekarang sebagian sisi pulau sudah ditumbuhi rumput – rumput liar.

Sekarang wisatawan tidak bisa lagi memesan kelapa muda yang masih segar yang langsung di petik dari pohonnya seperti dulu.

Baca Juga : Kenapa Anda Butuh Layanan Travel Untuk Liburan ke Belitung

Apa Saja yang Menarik di Pulau Burung
Bertualang. Bila anda suka petualangan, Anda bisa mencoba mengelilingi pulau untuk menemukan sendiri sudut pemandangan yang unik dari batu-batu granit yang tersebar di sekeliling pulau. Anda tidak akan tersesat. Petualangan kecil ini bisa jadi pengalaman berkesann dan sekaligus menghabiskan waktu dengan menyenangkan di pulau Burung.

Jalan-jalan santi. Pantai di sekitar pulau ini berpasir putih halus. Pada saat air laut sedang surut anda bisa berjalan-jalan santi menuju batu Burung. Anda harus sedikit berhati-hati, karena di sekitar batu terdapat banyak terumbu karang yang tajam dan sisi bawah batu banyak ditumbuhi kerang teritip yang juga tajam.

Foto-foto di pulau Burung. Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan dipulau ini. Yang pasti, bila anda berkesempatan wisata ke Belitung jangan melewatkan mampir ke pulau Burong untuk berfoto dengan latar batu besar mirip seekor burung. Hampir setiap pengunjung menyempatkan diri untuk befoto dengan latar belakang batu Burong yang unik ini.

Santai ditepi pantai. Laut yang jernih, pasir putih halus. Anda bebas bermain di luat jernih dengan pasir putih yang halus disisi lain pulau Burung ini. Di pulau ini juga terdapat beberapa bungalow di bawah pepohonan kelapa yang bisa anda gunakan untuk beristirahat.

Snorkling di pulau Burung. Ya, bila anda ingin melakukan aktivitas snorkeling, anda bisa melakukannya di sekitar batu granit di pulau ini. Jika beruntung pada saat air laut surut anda bisa menemukan ikan nemo hanya beberapa meter dari bibir pantai.

Waktu terbaik untuk eksplore pulau burung adalah saat sore menjelang. Karena pada sore hari matahari akan jatuh di depan anda dengan batu burung di latar belakang.

Di sekitar sumur juga terdapat sebuah gundukan batu menarik. Masyarakat sekitar menyebutnya batu bercinta. Menurut mitos masyarakat lokal pasangan muda-mudi tidak dibolehkan untuk berfoto di sekitar batu tersebut. Karena akan menyebabkan hubungannya putus. Mirip-mirip seperti mitos di salah satu candi terbesar di Jogjakarta sana.

Dahulu untuk menuju tempat di sekitar sumur ini terdapat jalan setapak, namun sekarang jalan setapak tersebut sudah di tumbuhi rumput liar karena sudah jarang di lalui. Namun jangan kuatir karena spot cantik lainnya masih setia menantikan kunjungan Anda di pulau Burung ini.

Bila tidak ingin repot, anda bisa menikmati semua keindahan pulau Burung beserta berbagai pulau-pulau eksotis lainnya, anda bisa mengikuti paket tour Belitung. Bila waktu terbatas, anda juga bisa weekend ke Belitung dengan mencari paket tour Belitung 2 hari 1 malam.

Leave a Comment