Tour Belitung, Cicipi 3 Kuliner Khas Belitung ini

Tour Belitung – Secara geografis, Belitung yang dikenal sebagai Pulau Timah memang dikelilingi lautan sehingga sudah tentu memiliki potensi laut begitu kaya. Tidak heran, makanan atau kuliner khas laut berbahan utama ikan adalah menu sehari-hari masyarakat negeri Laskar Pelangi ini. Gangan adalah salah satunya.

gangan belitungGangan
Bagi Anda yang sedang berencana untuk menikmati tour Belitung, ketahuilah Belitung dikenal memiliki kuliner khas bernama Gangan. Ya, gangan memang masakan khas yang sangat popular dan melegenda di pulau Belitung. Ssajian lezat ini biasanya akan hadir dalam menu makanan yang ditawarkan dalam berbagai penawaran paket wisata Belitung yang ditawarkan oleh tour and travel Belitung. Gangan memang bisa ditemukan dengan mudah dibanyak restoran seafood di Belitung.

Gangan merupakan sejenis sup ikan bercitarasa istimewa. Paduan rasa asam dan pedas kuahnya yang berwarna kuning demikian segar di lidah. Daging ikannya yang gurih menjadi sajian yang pas sebagai teman sepiring nasi panas.

Gangan tidak menggunakan santan. Rempah-rempay yang digunakan untuk memasak Gangan antara lain ; bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri, daun salam, potongan buah nanas, dan asam. Sementara itu warna kuning didapat dari warna alami kunyit. Gangan biasanya dimasak pedas agar dapat menetralisir bau amis ikan.

Gangan lebih enak bila disajikan saat masih hangat. Ada beberapa jenis ikan yang biasa dimasak menjadi gangan. Beberapa yang umum adalah ikan ketarap, kakap merah, dan ikan bulat, terutama bagian kepalanya.

Jika anda mengikuti program paket tour Belitung atau sedang berkunjung ke negeri laskar pelangi pastikan Anda tidak ketinggalan mencicipi kuliner khas Belitung yang satu ini. Anda bisa mencoba jenis Gangan yang berbeda seperti gangan darat dan gangan pedas atau gangan lainnya.

Mie belitungMie Belitung
Mie kuning yang ditumpuk bersama tauge dan irisan ketimun, tahu, kentang, lalu disiram kuah udang dan kuah kaldu kental berwarna kecoklatan. Mie ini juga ditaburi dengan emping dan bawang goreng. Tambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit sambal.

Jika anda berkesempatan untuk tour ke Belitung, cobalah cicip mie Belitung Atep di kota Tanjungpandan atau mie Belitung Man Lie di toko Sederhana, kota Kelapa Kampit.

Entah cuma gurauan atau bukan, tapi pemandu kami sempat menjelaskan tentang perbedaan mie Belitung & bakmi Belitung, dimana yang disebut terakhir biasanya mengindikasikan mie Belitung yang sajiannya mengandung daging oink-oink.