batu belayar belitung

Wisata ke Pulau Batu Belayar Belitung

Tertarik untuk menikmati sepotong surga kecil di perairan pulau Belitung?.
Anda harus mencoba Wisata ke Pulau Batu Belayar, Belitung. Inilah salah satu objek wisata Belitung yang cukup menakjubkan.

pulau batu belayarDi  pulau mungil inilah anda bisa menyaksikan keunikan pantai-pantai di Belitung. Ya, pantai unik dengan bebatuan granit raksasa yang sekilas tampak membingungkan karena entah darimana datangnya.

Pulau kecil ini menjadi salah satu objek wisata yang banyak dkunjungi khususnya dalam island hoping trip di perairan laut Belitung. Bila Anda liburan di Belitung menggunakan layanan paket tour Belitung, sayang rasanya jika pulau ini anda lewatkan begitu saja.

Anda bisa mengunjungi pulau ini bersama dengan sejumlah pulau exotis lainnya seperti pulau Lengkuas, pulau Kepayang, pulau Pasir, dan pulau Burung. Kalaupun tidak bisa singgah, setidaknya anda harus menghampiri pulau ini dan mengabadikan moment tersebut dengan kamere kesayangan anda.

Inilah pulau Batu Belayar (Sailing Rock). Sebuah pulau yang memiliki formasi bebatuan granit raksasa dengan batu utama terdiri atas 2 batu besar yang berdiri vertical. Bila dilihat dari kejauhan bebatuan tersebut seolah menyerupai bentuk layar dan pulau pasir putih sebagai kapal nya.

batu belayarSepertinya formasi bebatuan itu juga yang membuat masyrakat di Belitung menamakan pula ini pulau Batu Berlayar.

Batu granitnya yang berukuran raksasa ini pula yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung atau sekedar singgah dan mengambil foto ditempat ini. Lihat saja tinggi batu granit di pulau ini setara dengan bangunan rumah 2 atau 3 lantai. Bayangkan saja bagaimana batu segede rumah itu  tertancap di pulau pasir mungil tersebut.

Anda akan takjub saat membandingkan diri anda berada diantara batu granit raksasa itu. Secara alamiah memang banyak sekali batu-batu berbentuk aneh di sekitar Belitung, salah satunya adalah batu berbentuk layar ini.

Pulau Batu Berlayar ini sangat kecil. Anda bisa mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki dalam waktu kurang dari 10 menitan. Ukuran pulau ini memang hanya 50-an m persegi.

Baca Juga : Liburan ke Belitung, Yuk Eksplore Keindahan Pulau Burung

Batu Belayar sendiri cukup dekat dengan Tanjung Pandan, yang menjadi pusat kota. Jaraknya bisa ditempuh menggunakan boat dari pelabuhan di pantai Tanjung Kelayang, sekitar 15 menit perjalanan.

Ukuran pulau ini tidak besar, kurang dari 50 m persegi luasnya dan sering disebut sebagai Sailing Rock karena di pulau ini banyak terdapat batu-batu granit berukuran besar. Letak pulau ini pun sangat dekat dengan Tanjung Pandan, bisa ditempuh menggunakan boat dari pelabuhan Tanjung Kelayang selama 15 menit perjalanan. Sebetulnya pulau ini masih berada di area pantai Tanjung Kelayang, tepatnya di sisi pantai sebelah Barat-nya.

Daya tarik lainnya dari pulau Berlayar terletak pada sebuah batu granit di tepi pantai yang sebagian tertutup air dimana bagian atasnya berbentuk seperti sirip ikan hiu atau mirip juga dengan gigi ikan hiu. Batu ini sering diabadikan oleh para fotografer karena bentuknya yang unik dengan mercusuar pulau Lengkuas sebagai latar belakang pemandangan.

Baca Juga : Nikmati Paket Tour Belitung Murah

Selain mengambil foto, dan berjalanan menyusuri bebatuan artistic itu Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang atau snorkeling. Snorkling menjadi aktivitas liburan di Belitung yang menyenangkan di sekitar pulau Batu Berlayar ini. Namun begitu pengunjung harus berhati-hati karena kadang kala arus laut cukup deras. Pastikan juga anda menggunakan jaket pelampung, dan pin saat melakukan aktivitas snorkeling.

So, segera rencanakan liburan Anda ke pulau Batu Belayar, Belitung bersama kami dan nikmati keseruan island hopping di Belitung. Hanya 45 menit dari Jakarta, segera booking paket tour Belitung terbaik disini. Baca Juga : Ragam Kuliner Belitung Yang Harus Anda Coba

Leave a Comment